Cari Blog Ini

Minggu, 14 April 2013

Cara Membuat Kripik Belut Gurih



Cara Membuat Kripik Belut Gurih
Sabtu, 16 Februari 2013
Pada dasarnya hewan ini adalah sejenis ikan, walupun tidak seperti ikan-ikan yang lain yang harus hidup didalam air, namun untuk ikan jenis yang satu ini lebih suka hidup didalam lumpur terutama disawah dengan cara membuat gorong-gorong kecil sebagai tempat hidupnya. Ikan apakah ini dan jawabannya adalah belut sawah(Monopterus albus) yang tentunya buat anda semua tidak asing karena ikan ini juga sering dijajakan dipasar yang kemudian diolah menjadi bermacam-macam masakan.

Belut yang pada dasarnya habitat aslinya adalah disawah sekarang juga sudah banyak yang membudidayakannya, karena semakin banyaknya permintaan belut yang akan diolah menjadi sebuah camilan kering yaitu keripik. Walaupun ketika masih hidup ikan ini cukup menakutkan bagi sebagian orang, namun ketika sudah menjadi keripik sebagian besar orang akan hilang ketakutannya dan akan menjadi sebaliknya karena akan lahab untuk menyantabnya.

Tidak mengherankan memang jika sebagian besar orang akan sangat suka dengan jenis keripik ini, karena keripik belut memiliki rasa yang sangat gurih, bahkan menariknya banyak yang berpendapat jika belut sendiri adalah salah satu jenis ikan tawar yang paling nikmat untuk dijadikan masakan apapun.  

Keripik belut sendiri pada dasarnya juga cukup sederhana mengolahnya, yaitu dengan cara digoreng yang dilapisi oleh adonan tepung dengan bumbu rempah. Berdasarkan dari sumber yang kami dapat produksi keripik belut yang terkenal adalah daerah Wates Yogyakarta dan dijajakan untuk oleh-oleh khas daerah tersebut. Namun selain itu menurut kami keripik belut juga banyak diproduksi diberbagai daerah lain hal ini kemungkinan diimbangi dengan besarnya permintaan konsumen akan keripik belut yang terkenal sangat nikmat dan gurih.

Sebagai ikan yang sudah dibudidayakan tentunya akan semakin memudahkan kita untuk bisa membelinya dipasar-pasar tradisional. Dan apabila anda memutuskan untuk mengolah belut tersebut menjadi keripik, berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Resep Keripik Belut
1kg belut upayakan jangan ukuran yang terlalu besar
300 gram tepung terigu
100 gram tepung beras
9 siung bawang putih
3 sendok makan ketumbar
1 butir telur
5 cm kunyit
garam dan air secukupnya

Cara membuat
  • Bersihkan isi atau jeroan dari belut hingga benar-benar bersih
  • Haluskan bumbunya yaitu bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam
  • Campurkan tepung dengan bumbu halus dan tambahkan air secukupnya kira-kira jangan terlalu encer
  • Panaskan minyak untuk menggoreng dengan api agak kecil
  • Celupkan belut kedalam adonan tepung yang sudah dibuat hingga merata, kemudian goreng hingga matang dan garing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar