Cari Blog Ini

Minggu, 14 April 2013

Budidaya Ternak Belut Cara Modern Terbaru



Budidaya Ternak Belut Cara Modern Terbaru
February 18, 2013 in Perikanan
Budidaya Ternak Belut Cara Modern Terbaru.  Belut sudah lama menjadi tren kuliner di berbagai resto modern. Bahkan di Singapura dan Jepang belut sangat diburu oleh konsumen. Selain mempunyai protein tinggi, belut mengandung omega yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan otak.
Budidaya Ternak belut sebenarnya tidak terlalu sulit. Waktu panennya juga bisa dipersingkat dari 7 bulan menjadi 4 bulan, tergantung pada penanganan pakan dan media. Secara ringkas, teknis budidaya dan pemeliharaan belut hanya memerlukan perhatian pada memilih lokasi budidaya, pembuatan kolam, media pemeliharaan, memilih benih,penetasan, pakan serta hama.
Kolam Budidaya Ternak Belut
Kolam budidaya ternak belut terbagi menjadi 4 yaitu :
  1. Kolam pemijahan : berfungsi untuk mengawinkan induk belut yang sudah terpilih.
  2. Kolam pendederan : berfungsi untuk menampung dan membiakkan benih belut yang berukuran 1-2 cm.
  3. Kolam belut remaja : berfungsi untuk menampung dan membiakkan belut yang berukuran 3-5 cm.
  4. Kolam belut konsumsi : terbagi menjadi 2 tahapan yang masing – masing tahapan membutuhkan waktu 2 bulan. Tahap pertama pemeliharaan belut dari ukuran 5-8 cm menjadi ukuran 15-20 cm. Tahap kedua pemeliharaan belut dari ukuran 15-20 cm menjadi 30-40 cm.
Bangunan Kolam Budidaya Ternak Belut
Bangunan jenis-jenis kolam Ternak belut secara umum relatif sama, hanya dibedakan oleh ukuran, kapasitas dan daya tampung belut itu sendiri.
  1. Ukuran kolam induk kapasitasnya 6 ekor/m2. Untuk kolam pendederan (ukuran belut 1-2 cm) daya tampungnya 500 ekor/m 2. Untuk kolam belut remaja (ukuran 2-5 cm) daya tampungnya 250 ekor/m 2 . Dan untuk kolam belut konsumsi tahap pertama (ukuran 5-8 cm) daya tampungnya 100 ekor/m 2. Untuk kolam belut konsumsi tahap kedua (ukuran 15-20cm) daya tampungnya 50 ekor/m 2, hingga panjang belut pemanenan kelak berukuran 3-50 cm.
  2. Pembuatan kolam belut sebaiknya dengan bak dinding yang disemen tapi dasar kolam dibiarkan tanah tanpa diplester.
  3. Media dasar kolam terdiri dari bahan-bahan organik seperti pupuk kandang, sekam padi dan jerami padi. Caranya kolam yang masih kosong lapisan pertamanya diberi sekam padi setebal 10 cm, diatasnya ditimbun dengan pupuk kandang setebal 10 cm, lalu diatasnya lagi ditimbun dengan ikatan-ikatan merang atau jerami kering. Setelah tumpukan-tumpukan bahan organik selesai dibuat (tebal seluruhnya sekitar 30 cm), barulah air dialirkan ke dalam kolam secara perlahan-lahan sampai setinggi 50 cm (bahan organik + air). Dengan demikian media dasar kolam sudah selesai, tinggal media tersebut dibiarkan beberapa saat agar sampai menjadi lumpur sawah. Setelah itu belut-belut dilepaskan ke dalam kolam.
Pemijahan dalam Budidaya Ternak Belut
  1. Biasanya belut yang dipijahkan adalah belut betina berukuran ± 30 cm dan belut jantan berukuran ± 40 cm.
  2. Untuk kolam seluas 1 m2 diisi satu set indukan (1 ekor jantan dan 2 ekor betina). Waktu pemijahan belut diperkirakan berlangsung selama 10 hari setelah itu baru telur dari belut menetas. Telur akan menetas dan dalam waktu 5-8 hari dan belut berukuran 1,5 – 2,5 cm. Dengan ukuran tersebut, bibit belut diangkat dan ditempatkan pada kolam pendederan untuk untuk di pelihara selama 1 bulan untuk mencapai ukuran 5-8 cm.
Penyiapan Budidaya Ternak Belut
  1. Bibit belut yang layak dan siap dipelihara adalah bibit yang sudah berukuran 5-8 cm. Biasanya sudah berumur sekitar 4 bulan, melalui 2 tahap dengan masing –masing tahapan selama 2 bulan.
  2. Bibit bisa diperoleh dari bak / kolam pembibitan yang telah atau bisa juga bibit diperoleh dari peternak pembibit yang lain.
  3. Perlakuan dan perawatan bibit, dari hasil pemijahan anak belut ditampung di kolam pendederan calon benih selama 1 bulan. Dalam hal ini benih diperlakukan dengan secermat mungkin agar tidak banyak yang hilang. Caranya dengan pengairan yang bersih, lebih baik lagi apabila bibit tersebut berada pada air yang mengalir.
Pemeliharaan dan Pembesaran dalam Budidaya Ternak Belut
  1. Pemupukan
Gunakan jerami yang sudah lapuk, berfungsi untuk membentuk pelumpuran yang subur dan pupuk kandang juga diperlukan sebagai salah satu bahan organik utama
  1. Pemberian Pakan
Bila diperlukan bisa diberi makanan tambahan berupa cacing, kecoa, ulat besar (belatung) yang diberikan setiap 10 hari sekali.
  1. Pemeliharaan Kolam dan Tambak
Yang perlu diperhatikan pada pemeliharaan belut adalah menjaga kolam agar tidak ada gangguan dari luar dan dalam kolam tidak beracun.
Demikian info singkat mengenai cara budidaya ternak belut. Namun yang harus dipahami dalam bisnis ternak belut adalah pengalaman dalam pemeliharaan seringkali akan lebih memberikan pengetahuan baru dibanding teori. Selain itu, pastikan pasar dan sistem marketing yang akan digunakan untuk memasarkan. Jangan sampai usaha ternak belum yang sudah menyita waktu dan tenaga akan dibeli dengan murah oleh para tengkulak. Berbagai referensi bisnis bisa anda dapatkan DISINI (gresik.co/berbagai sumber)
Kata Pencarian:
budidaya belut (19),ternak belut (8),beli belut (6),beternak belut (4),cara mengekspor belut (4),cara beternak lele (4),olahan belut (4),jual belut 2013 (4),budidaya belut baru (3),olahan budidaya belut (3),cara budidaya belut (3),cara beternak belut (2),prospek budidaya belut (2),cara mengawinkan belut (2),bisnis belut 2013 (2),Mengawinkan belut (2),jual belut (2),analisa ternak belut (2),Belut emas di gresik (2),analisa budidaya belut (2),budidaya belut terbaru (2),kolam belut (2),pasar belut (1),obat perangsang buat ternak belut (1),pasar belut jawa timur (1),pembesaran belut (1),membuat benih belut (1),jualbelut (1),kolam budidaya belut air bersih (1),obat perangsang buat bibit belut (1),media budidaya ternak belut (1),media yang diperlukan untuk budidaya belut air bersih (1),PETERNAKAN BELUT (1),Penetasan belut modern (1),prospek usaha budidaya belut (1),teknik mengawinkan belut (1),ternak belut 2013 (1),ternak belut air bersih (1),ternak belut caranya (1),ternak belut jawa (1),ternak belut jawa timur (1),trans7 15 maret 2013 ada belut emas di gresik (1),ukuran besar induk untuk ternak belut (1),prospek budidaya belut jawa timur 2013 (1),prospek berternak belut (1),Penetasan telur belut (1),perangsang belut (1),perangsang buat belut (1),perangsang memijah belut (1),ternak belut terkini (1),perusahaan pengekspor belut/jawa timur (1),peternak belut di jatim (1),peternak belut di surabaya (1),peternak belut jawa timur (1),yang beli belut (1),film tentang budidaya belut (1),bisnis cara ternak belut 2013 (1),alamat budidaya belut 2013 kedu (1),beternak secara modern (1),beternak modern (1),beternak belut modern (1),beternak belut empat bulan (1),beternak belut air jernih (1),beternak adalah usaha yang tak menyita waktu (1),berita tentang belut emas (1),berita belut emas gresik (1),belut moderj (1),belut gresik maret 2013 (1),belut (1),beli belut 2013 (1),analisis budidaya belut air jernih (1),analisa usaha ternak belut air bersih 2013 (1),analisa budidaya belut kolam air bersih (1),budidaya belut air jernih (1),budidaya belut air jernih surabaya (1),budidaya belut di air bersih (1),film budidaya ternak (1),distributor belut di jawa timur (1),data ekspor belut 2013 (1),cara ternak belut (1),cara terbaru berternak belut (1),cara pemijahan belut di air bersih (1),cara eksport belut (1),cara ekspor ikan belut (1),cara ekspor belut ke jepang (1),cara ekspor belut (1),cara budi daya dan memilih indukan belut (1),budidaya modern jepang (1),budidaya belut terkini (1),budidaya belut secara modern (1),budidaya belut media air bersih (1),budidaya belut jawa timur (1),budidaya belut di air bersih secara moderen (1),analisa budidaya belut jepang (1)

6 komentar:

  1. kalau usaha sudah berjalan baik maka produk bisa dipasarkan secara online salah satunya dengan cara jualan di facebook dalam buku 190 halaman A4 dilengkapi cuplikan gambar tahap demi tahap yang mudah dipahami bagi pemula

    BalasHapus
  2. suatu saat saya berminat untuk mencoba

    BalasHapus
  3. Kami hanya ingin memberi informasi.
    Kami bergerak dibidang budidaya belut di daerah lampung.
    Jika anda berminat ingin MEMBELI BELUT ataupun anda ingin MEMASOK BELUT ke kami, kami siap menerimanya. Berapapun jumlahnya.


    Dan juga kami selalu membuka :
    PELATIHAN BUDIDAYA BELUT DAN CACING SETIAP BULANNYA.


    Untuk info lebih lanjut mengenai harga dan jadwal, hubungi kami di :

    ====================================
    CV. SUMBER REZEKI

    Jl. Garuda No.36 RT/RW.29/07 Rejomulyo
    Metro Selatan - Kota Metro
    Lampung 34111
    (Belakang Polsek Metro Selatan)
    Telp : 0725 646 8078
    HP : 0858 4088 0024 | 0823 7787 8080 | 0878 9898 8145
    Pin BB : 292C7C04
    Email : belutlampung@gmail.com
    Website : www.belutlampung.com

    Kami tunggu kedatangan dan telpon dari anda.
    Terima Kasih
    ====================================

    BalasHapus
  4. berapa harga bibit belut per kilo ?
    saya dari Batanghari Lampung Timur

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas informasinya akan saya coba Obat Herbal Nyeri Lutut

    BalasHapus